Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Contoh Soal UTBK 2021 Yang Wajib Kamu Jawab Untuk Lolos SNMPTN Dengan Nilai Tinggi!

Jawab 4 Soal UTBK Ini dan Raih Nilai Tinggi di SNMPTN!

Sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Salah satu tes yang wajib diikuti adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK ini bertujuan untuk mengukur kemampuanmu dalam bidang Saintek dan Soshum. Dalam rangka membantu kamu mempersiapkan diri, berikut ini adalah 4 contoh soal UTBK yang wajib kamu jawab untuk meraih nilai tinggi di SNMPTN!

1. Soal Saintek
Diketahui bahwa 4x + 3y = 10 dan 2x – y = 4. Maka nilai dari x – y adalah…
A. -2
B. -1
C. 0
D. 1
E. 2

Untuk menjawab soal ini, kamu bisa menggunakan metode eliminasi atau substitusi. Berdasarkan metode eliminasi, kamu perlu mengalikan persamaan kedua dengan 2, sehingga menjadi 4x – 2y = 8. Setelah itu, kurangkan persamaan pertama dengan persamaan kedua, sehingga diperoleh 5y = 2. Maka, nilai y = 2/5. Selanjutnya, substitusikan nilai y ke dalam salah satu persamaan awal, misalnya 2x – y = 4, sehingga diperoleh 2x – (2/5) = 4. Dari sini, nilai x – y = (4 + 2/5) – (2/5) = 8/5 atau sekitar 1,6. Maka, jawaban yang benar adalah E.

2. Soal Soshum
Kementerian Hukum dan HAM Indonesia dibagi menjadi beberapa unit, di antaranya Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU). Fungsi utama Dirjen AHU adalah…
A. Mengatur urusan keimigrasian dan kependudukan
B. Memfasilitasi penyusunan undang-undang
C. Melakukan pembinaan terhadap lembaga negara
D. Melaksanakan urusan pemasyarakatan dan pembinaan hukum
E. Melakukan pengurusan administrasi hukum dan korban kejahatan

Untuk menjawab soal ini, kamu perlu mengetahui fungsi utama dari Dirjen AHU. Fungsi utama Dirjen AHU adalah melakukan pengurusan administrasi hukum, seperti penerbitan akta kelahiran, akta nikah, akta kematian, dan lain sebagainya. Maka, jawaban yang benar adalah E.

3. Soal Saintek
Diketahui z = (x^2 – y^2)/(x – y), x ≠ y. Jika x + y = 3 dan xy = 2, maka nilai dari z adalah…
A. -5
B. -2
C. 0
D. 2
E. 5

Untuk menjawab soal ini, kamu bisa menggunakan rumus faktorisasi a^2 – b^2 = (a + b)(a – b), sehingga x^2 – y^2 = (x + y)(x – y). Setelah itu, substitusikan x + y = 3 dan xy = 2 ke dalam rumus tersebut, sehingga diperoleh x^2 – y^2 = 1. Maka, z = (x^2 – y^2)/(x – y) = (x + y)(x – y)/(x – y) = x + y = 3. Maka, jawaban yang benar adalah C.

4. Soal Soshum
Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui program…
A. Beasiswa bagi masyarakat miskin
B. Pelatihan kerja bagi pengangguran
C. Pendidikan vokasi dan kejuruan
D. Pengadaan fasilitas kesehatan
E. Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan

Untuk menjawab soal ini, kamu perlu mengetahui bahwa salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui program pendidikan vokasi dan kejuruan. Program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia kerja kepada siswa atau mahasiswa. Maka, jawaban yang benar adalah C.

Itulah 4 contoh soal UTBK yang wajib kamu jawab untuk meraih nilai tinggi di SNMPTN. Semoga dapat membantu kamu dalam mempersiapkan diri dan semoga berhasil!

Tingkatkan Peluang Masuk PTN dengan contoh soal utbk 2021!

UTBK SOSHUM , Kumpulan soal SBMPTN
UTBK SOSHUM , Kumpulan soal SBMPTN

Menyambut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021, Universitas yang ada di Indonesia telah mempersiapkan diri untuk menerima para calon mahasiswa baru mereka. Salah satu persyaratan utama untuk dapat diterima di Universitas yang diinginkan adalah dengan melewati Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNMPTN.

Bagi para calon mahasiswa yang ingin meningkatkan peluang mereka untuk diterima di Universitas impian mereka, maka UTBK menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. UTBK adalah ujian tulis yang terdiri dari empat materi, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti UTBK.

Salah satu cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK adalah dengan mempelajari contoh-contoh soal yang biasa muncul dalam ujian tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh soal UTBK 2021 yang wajib kamu jawab untuk meningkatkan peluangmu untuk diterima di PTN impianmu.

1. Matematika

Seorang petani memiliki lahan seluas 20 m x 30 m. Dia ingin membuat sebuah kolam ikan dengan bentuk segitiga sama kaki pada sisi-sisinya yang tidak bersebelahan dengan luas 150 m2. Berapa panjang sisi masing-masing kolam?

2. Fisika

Sebuah bola dengan massa 0,5 kg dijatuhkan dari ketinggian 5 meter. Berapa gaya yang dihasilkan saat bola tersebut jatuh ke tanah?

3. Kimia

Senyawa yang memiliki rumus molekul C4H10O disebut senyawa alkohol. Berapa banyak isomer yang mungkin untuk senyawa ini?

4. Biologi

Soal TPS UTBK  Pdf dan Pembahasannya (Kode Naskah: )
Soal TPS UTBK Pdf dan Pembahasannya (Kode Naskah: )

Pada daerah tropis, tanaman kantung semar sering tumbuh pada tanah yang kurang subur. Bagaimana kantung semar dapat bertahan hidup di daerah yang kurang subur dan berapa jumlah spesies kantung semar yang ada di Indonesia?

Jika kamu ingin meningkatkan peluangmu untuk diterima di PTN impianmu, maka kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri adalah dengan mempelajari contoh-contoh soal UTBK 2021 yang biasa muncul dalam ujian tersebut. Dengan mempelajari contoh soal ini, kamu akan dapat meningkatkan kemampuanmu dalam memecahkan masalah dan meningkatkan peluangmu untuk diterima di PTN impianmu.

Jangan lupa untuk mempelajari juga materi-materi dasar dari empat bidang ilmu yang diujikan dalam UTBK, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Semoga kamu berhasil meraih nilai tinggi dalam UTBK dan diterima di PTN impianmu!

Ayo Coba! contoh soal utbk 2021 untuk Sukses di SNMPTN!

It’s that time of the year again where students all across Indonesia are gearing up for the entrance exams to their dream universities. The SNMPTN is one of the most popular and highly competitive entrance exams, and to crack it, you need to be well-prepared. One crucial aspect of your preparation is to practice with the UTBK sample questions.

The UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) is an aptitude test that measures your academic ability across several subjects. The exam is designed to test your problem-solving skills, logical reasoning abilities, and critical thinking capabilities. The UTBK scores are an essential component of the SNMPTN selection process, which means that you cannot afford to take this exam lightly.

If you’re serious about acing the SNMPTN, you need to start practicing with UTBK sample questions as soon as possible. Here are some examples of the types of questions you can expect to come across in the UTBK:

Question 1
A box contains six identical balls, five of which weigh exactly the same, and one of which is slightly heavier. You have a balance scale that can be used twice. What is the minimum number of weighings required to identify the heavier ball?

Question 2
A company produces three types of products: A, B, and C. The profit margins for each product are as follows: 10% for A, 20% for B, and 30% for C. The company’s total revenue is 100,000,000 IDR, and the total cost of production is 80,000,000 IDR. What is the company’s total profit margin?

Question 3
A right circular cylinder has height 10 cm and radius 4 cm. A cone is placed inside the cylinder, as shown below. The base of the cone is on the bottom of the cylinder and has radius 2 cm. What is the volume of the space inside the cylinder but outside the cone, in cm ³?

Question 4
In a village, 60% of the people have brown eyes, and 40% have blue eyes. What is the probability that at least two people selected at random from the village have the same eye color?

Butet Mengajar on Twitter: "STARTER PACK PEJUANG PTN  KUMPULAN
Butet Mengajar on Twitter: “STARTER PACK PEJUANG PTN KUMPULAN

These questions may seem challenging, but with the right amount of practice and preparation, you can tackle them with ease. The key to success is to remain calm, focused, and confident during the exam. Here are some tips to help you prepare for the UTBK and the SNMPTN:

Tip 1: Start early – You cannot afford to cram for the exam at the last minute. The earlier you start preparing, the better your chances of scoring high.

Tip 2: Practice regularly – Make it a habit to practice with UTBK sample questions every day. This will help you identify your strengths and weaknesses and work on improving them.

Tip 3: Join a study group – Collaborating with other students can be an effective way to learn new concepts and exchange ideas.

Tip 4: Take mock tests – Practice with mock tests to get a feel for the real exam. This will help you understand the format and structure of the UTBK and SNMPTN.

In conclusion, cracking the SNMPTN is no easy feat, but with determination, hard work, and guidance, you can achieve your dream of getting into a top university. Start preparing with UTBK sample questions today and give yourself the best chance of success. Good luck!

Posting Komentar untuk "Simak Contoh Soal UTBK 2021 Yang Wajib Kamu Jawab Untuk Lolos SNMPTN Dengan Nilai Tinggi!"