Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persyaratan Dan Tips Lolos Seleksi CPNS Kemendikbud Terbaru 2021

Siap-siap! Inilah Persyaratan Terbaru Lolos CPNS Kemendikbud

CPNS Kemendikbud merupakan salah satu pilihan karir yang menjanjikan bagi banyak orang. Namun, untuk bisa menjadi bagian dari instansi ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Terlebih lagi, untuk tahun 2021 ini, Kemendikbud telah mengeluarkan persyaratan terbaru bagi para calon pelamar. Berikut adalah persyaratan terbaru yang harus dipenuhi untuk bisa lolos seleksi CPNS Kemendikbud tahun ini.

1. Status Kependudukan
Persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah status kependudukan. Calon pelamar harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan berusia minimal 18 tahun pada tanggal 1 Januari 2021. Selain itu, status kependudukan calon pelamar juga harus jelas dan tidak sedang dalam proses hukum yang masih berjalan.

2. Pendidikan
Persyaratan kedua yang harus dipenuhi adalah pendidikan. Calon pelamar harus memiliki gelar sarjana (S1) atau diploma tiga (D3) dari perguruan tinggi yang terakreditasi. Selain itu, calon pelamar juga harus memiliki nilai akademik yang cukup baik.

3. Kesehatan
Persyaratan ketiga yang harus dipenuhi adalah kesehatan. Calon pelamar harus memiliki kesehatan yang baik dan tidak memiliki riwayat penyakit yang berbahaya. Selain itu, calon pelamar juga harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Persyaratan keempat yang harus dipenuhi adalah SKCK. Calon pelamar harus memiliki SKCK yang masih berlaku dan diterbitkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

5. Tidak Terlibat Narkoba
Persyaratan kelima yang harus dipenuhi adalah tidak terlibat narkoba. Calon pelamar harus tidak memiliki riwayat atau terbukti terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

6. Tidak Terlibat Korupsi
Persyaratan keenam yang harus dipenuhi adalah tidak terlibat korupsi. Calon pelamar harus tidak memiliki riwayat atau terbukti terlibat dalam kasus korupsi.

7. Tidak Terlibat dalam Kejahatan Seksual
Persyaratan ketujuh yang harus dipenuhi adalah tidak terlibat dalam kejahatan seksual. Calon pelamar harus tidak memiliki riwayat atau terbukti terlibat dalam kasus kejahatan seksual.

Setelah mengetahui persyaratan terbaru untuk lolos seleksi CPNS Kemendikbud, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar peluang untuk lolos semakin besar. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan oleh calon pelamar.

MerdekaBelajar on Twitter: "#SahabatDikbud, sudah tahu rencana
MerdekaBelajar on Twitter: “#SahabatDikbud, sudah tahu rencana

1. Persiapkan Diri dengan Baik
Persiapan sebelum mengikuti seleksi CPNS sangatlah penting. Calon pelamar harus mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari memperbarui CV, mempelajari materi seleksi, hingga melakukan latihan soal.

2. Tingkatkan Skill dan Kemampuan
Selain persiapan diri, calon pelamar juga perlu meningkatkan skill dan kemampuan. Misalnya, dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang berkaitan dengan bidang yang akan dilamar.

3. Hindari Plagiarisme
Plagiarisme adalah hal yang sangat tidak disukai dalam seleksi CPNS. Oleh karena itu, calon pelamar harus memastikan bahwa semua dokumen yang diserahkan adalah asli dan tanpa plagiasi.

4. Jaga Kesehatan
Kesehatan juga sangat penting dalam proses seleksi CPNS. Calon pelamar harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup.

Demikianlah persyaratan terbaru dan tips untuk lolos seleksi CPNS Kemendikbud tahun 2021. Dengan persiapan yang matang dan usaha yang maksimal, peluang untuk lolos seleksi semakin besar. Selamat mencoba!

Berhasil Masuk CPNS Kemendikbud? Yuk Simak Tipsnya!

Selamat! Jika kamu membaca artikel ini, berarti kamu sudah berhasil lolos seleksi administrasi CPNS Kemendikbud. Namun, tahap selanjutnya adalah menghadapi tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Nah, agar kamu bisa berhasil masuk CPNS Kemendikbud, yuk simak tips berikut ini!

1. Persiapkan diri dengan baik
Tes SKD dan SKB CPNS membutuhkan persiapan yang matang. Kamu perlu mempersiapkan materi ujian, latihan soal, dan meningkatkan kemampuan dasar seperti kemampuan bahasa Inggris, logika, dan matematika. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan fisik dan mentalmu. Istirahat yang cukup dan mengatur pola makan yang sehat juga sangat penting.

2. Cari tahu format ujian dan materi apa yang diujikan
Agar kamu bisa lebih siap dalam menghadapi tes SKD dan SKB, pastikan kamu sudah tahu format ujian dan materi apa saja yang diujikan. Kamu bisa mencari informasi ini di situs resmi Kemendikbud atau dari sumber terpercaya lainnya.

3. Pelajari materi secara efektif
Setelah mengetahui materi ujian, kamu perlu belajar secara efektif. Jangan hanya membaca teks secara sekilas, tapi cobalah untuk memahami konsep-konsep dasar yang ada di dalamnya. Kamu juga bisa menggunakan metode belajar yang berbeda seperti membaca sambil membuka kamus, membuat mind map atau diagram, atau bergabung dengan kelompok belajar.

4. Latihan soal
Latihan soal adalah kunci keberhasilanmu dalam menghadapi tes SKD dan SKB CPNS Kemendikbud. Kamu bisa mencoba latihan soal online atau membeli buku latihan soal yang sesuai dengan materi ujian.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia

5. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris
Kemampuan bahasa Inggris sangat penting dalam menghadapi tes SKD dan SKB CPNS. Pastikan kamu bisa memahami dan menguasai tenses, vocabulary, dan grammar dengan baik. Kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online atau mengikuti kursus bahasa Inggris.

6. Tingkatkan kemampuan menulis
Kemampuan menulis juga akan diuji dalam tes SKB CPNS Kemendikbud. Pastikan kamu bisa menulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Kamu bisa mengasah kemampuan menulis dengan cara menulis blog, membuat jurnal, atau melakukan latihan menulis.

7. Jangan lupa berdoa dan jangan putus asa
Terakhir, jangan lupa untuk berdoa agar kamu sukses dalam menghadapi tes SKD dan SKB CPNS Kemendikbud. Selain itu, jangan putus asa jika dalam proses belajar dan ujianmu terasa sulit. Ingat, kegagalan adalah bagian dari proses belajar dan kamu harus belajar dari kegagalanmu agar bisa lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk berhasil masuk CPNS Kemendikbud. Selamat belajar dan semoga sukses!

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia

Posting Komentar untuk "Persyaratan Dan Tips Lolos Seleksi CPNS Kemendikbud Terbaru 2021"