Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Permendikbud No 37 Tahun 2018: Kebijakan Mutakhir Pendidikan Di Indonesia

Inovasi Baru dalam Pendidikan Indonesia: Kebijakan Mutakhir 2018

Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih cerah bagi setiap individu di Indonesia. Oleh karena itu, setiap tahunnya pemerintah Indonesia selalu berupaya untuk memperbaharui kebijakan pendidikan demi menciptakan generasi muda yang unggul dan mampu bersaing di kancah internasional.

Tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 37 Tahun 2018 yang menitikberatkan pada inovasi baru dalam pendidikan Indonesia. Berikut adalah rangkuman kebijakan mutakhir dalam pendidikan yang terdapat dalam permendikbud no 37 tahun 2018:

1. Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter menjadi salah satu inovasi baru dalam pendidikan Indonesia yang dicanangkan melalui Permendikbud No 37 Tahun 2018. Pendidikan karakter tidak hanya menekankan pada pengetahuan akademik, tetapi juga memberikan pembekalan pada siswa agar memiliki karakter yang baik seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan sebagainya.

2. Pembelajaran Berbasis Kompetensi

Pembelajaran berbasis kompetensi menjadi salah satu kebijakan mutakhir yang tercantum dalam Permendikbud No 37 Tahun 2018. Pembelajaran berbasis kompetensi menekankan pada pengembangan keterampilan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari.

3. Pengembangan Kreativitas dan Inovasi

Permendikbud No 37 Tahun 2018 juga menetapkan pengembangan kreativitas dan inovasi sebagai salah satu kebijakan mutakhir dalam pendidikan Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing siswa Indonesia di era globalisasi yang serba kompleks.

4. Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi merupakan inovasi baru dalam pendidikan Indonesia yang juga menjadi fokus dalam Permendikbud No 37 Tahun 2018. Pendidikan vokasi menawarkan pendidikan yang lebih praktis dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja sehingga siswa dapat memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Permendikbud No  Tahun  KI-KD SMA  PDF
Permendikbud No Tahun KI-KD SMA PDF

5. Pendidikan Inklusif

Pendidikan inklusif merupakan kebijakan mutakhir dalam pendidikan Indonesia yang tercantum dalam Permendikbud No 37 Tahun 2018. Pendidikan inklusif menjamin setiap siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan.

6. Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran abad 21 merupakan kebijakan mutakhir dalam pendidikan Indonesia yang menekankan pada pengembangan keterampilan untuk menghadapi tantangan di era digital. Pembelajaran abad 21 menawarkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran.

Dalam rangkuman Permendikbud No 37 Tahun 2018, kita dapat melihat bahwa pemerintah Indonesia sangat serius dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Kebijakan mutakhir dalam pendidikan tersebut tidak hanya menekankan pada pengetahuan akademik, tetapi juga pada pengembangan keterampilan dan karakter siswa. Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang unggul dan mampu bersaing di kancah internasional.

Kita sebagai masyarakat Indonesia harus mendukung kebijakan mutakhir dalam pendidikan yang terdapat dalam Permendikbud No 37 Tahun 2018. Kita harus memastikan bahwa setiap siswa di Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dengan begitu, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia.

PERMENDIKBUD No  Tahun  KI-KD SD KUSUS ()  PDF
PERMENDIKBUD No Tahun KI-KD SD KUSUS () PDF
Permendikbud No  Tahun  KI-KD MTs  PDF
Permendikbud No Tahun KI-KD MTs PDF

Posting Komentar untuk "Rangkuman Permendikbud No 37 Tahun 2018: Kebijakan Mutakhir Pendidikan Di Indonesia"