Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Contoh Soal UTBK Soshum 2022 Dan Pembahasannya Untuk Meningkatkan Peluang Masuk PTN!

Tingkatkan Peluang Masuk PTN: Simak Soal UTBK Soshum 2022!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang menjadi salah satu syarat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Apalagi jika kamu ingin mengambil jurusan sosial humaniora (Soshum), kamu harus mengikuti UTBK Soshum yang berfokus pada kemampuan verbal, numerik, dan logika.

Namun, jangan khawatir! Kamu bisa meningkatkan peluang masuk PTN dengan mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 dan pembahasannya. Dengan begitu, kamu bisa mengasah kemampuanmu dan mengetahui jenis-jenis soal yang mungkin akan keluar pada saat UTBK nanti.

Contoh Soal UTBK Soshum 2022

Berikut ini adalah contoh soal UTBK Soshum 2022 beserta pembahasannya:

1. Pada sebuah perusahaan, terdapat 25 karyawan laki-laki dan 20 karyawan perempuan. Jika diambil secara acak, tentukan peluang mengambil seorang karyawan laki-laki atau perempuan.

Pembahasan:
Total karyawan = 25 + 20 = 45
Peluang mengambil karyawan laki-laki = 25/45 = 5/9
Peluang mengambil karyawan perempuan = 20/45 = 4/9
Jadi, peluang mengambil karyawan laki-laki atau perempuan adalah 5/9 + 4/9 = 1.

2. Diketahui persamaan garis lurus y = 4x + 1. Tentukan gradien garis yang tegak lurus terhadap garis tersebut.

Pembahasan:
Gradien garis = -1/m
m (gradien garis y = 4x + 1) = 4
Gradien garis tegak lurus = -1/4

3. Sebuah perusahaan memproduksi sepatu di 2 pabrik. Pabrik A memproduksi 3000 pasang sepatu per bulan, sedangkan pabrik B memproduksi 5000 pasang sepatu per bulan. Berapa jumlah produksi sepatu per bulan dari kedua pabrik tersebut?

Bebas Buku Bank Soal UTBK TPS dan TKA Soshum  dilengkapi
Bebas Buku Bank Soal UTBK TPS dan TKA Soshum dilengkapi

Pembahasan:
Jumlah produksi sepatu dari pabrik A dan B = 3000 + 5000 = 8000 pasang sepatu per bulan.

4. Jika 4 orang dapat menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam 12 hari, berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh 6 orang untuk menyelesaikan pekerjaan yang sama?

Pembahasan:
Waktu yang dibutuhkan oleh 4 orang untuk menyelesaikan pekerjaan = 12 hari
Jumlah pekerjaan = 4 x 12 = 48 orang-hari
Waktu yang dibutuhkan oleh 6 orang untuk menyelesaikan pekerjaan = 48/6 = 8 hari

Dari contoh soal UTBK Soshum 2022 di atas, kamu bisa melihat bahwa soal-soal yang keluar tidak terlalu sulit jika kamu sudah terbiasa dengan jenis-jenis soal tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 dan pembahasannya untuk meningkatkan peluang masuk PTN.

Tips Meningkatkan Kemampuan UTBK Soshum 2022

Selain mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 dan pembahasannya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan UTBK Soshum 2022, antara lain:

1. Berlatih mengerjakan soal UTBK Soshum secara rutin agar terbiasa dengan jenis-jenis soal yang mungkin keluar.
2. Meningkatkan kemampuan membaca dan memahami soal dengan membaca buku-buku atau artikel yang berhubungan dengan Soshum.
3. Meningkatkan kemampuan verbal dengan membaca buku atau koran, serta berlatih menulis esai atau opini.
4. Meningkatkan kemampuan numerik dengan berlatih mengerjakan soal matematika dan statistika.
5. Meningkatkan kemampuan logika dengan berlatih mengerjakan soal logika dan reasoning.

Dengan melakukan tips-tips di atas dan mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 serta pembahasannya, kamu akan semakin siap menghadapi UTBK Soshum 2022 dan meningkatkan peluang masuk PTN. Jangan lupa untuk terus bersemangat dan berusaha!

Mengasah Kemampuanmu dengan Contoh Soal UTBK Soshum 2022

Masa depan yang cerah dengan karir yang sukses di PTN tentu menjadi impian bagi banyak orang. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat dibutuhkan agar peluang masuk PTN semakin terbuka lebar. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah dengan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Soshum 2022.

UTBK Soshum 2022 merupakan salah satu jalur masuk ke PTN yang paling diminati. Tes ini akan menguji kemampuan siswa dalam bidang sains sosial, seperti sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. Untuk memastikan bahwa persiapanmu cukup matang, kamu perlu mengasah kemampuanmu dengan contoh soal UTBK Soshum 2022.

PDF] Pembahasan Intensif  Soal TPS SBMPTN  + Kunci Jawaban
PDF] Pembahasan Intensif Soal TPS SBMPTN + Kunci Jawaban

Berikut adalah beberapa contoh soal UTBK Soshum 2022 beserta pembahasannya yang dapat kamu gunakan untuk mengasah kemampuanmu:

1. Peta dibawah ini menunjukkan letak Indonesia di Asia Tenggara. Berdasarkan peta tersebut, negara manakah yang berbatasan langsung dengan Indonesia?

Jawaban: Malaysia

Pembahasan: Dalam peta tersebut, Indonesia terletak di Asia Tenggara dan berada di sebelah barat Malaysia.

2. Sebuah perusahaan memproduksi dua jenis produk, yaitu A dan B. Produk A memperoleh keuntungan Rp 10.000 per unit, sedangkan produk B memperoleh keuntungan Rp 5.000 per unit. Pada suatu bulan, perusahaan tersebut memproduksi 100 unit produk A dan 200 unit produk B. Berapa total keuntungan yang diperoleh perusahaan pada bulan tersebut?

Jawaban: Rp 1.500.000

Pembahasan: Keuntungan dari 100 unit produk A adalah 100 x Rp 10.000 = Rp 1.000.000. Keuntungan dari 200 unit produk B adalah 200 x Rp 5.000 = Rp 1.000.000. Total keuntungan yang diperoleh perusahaan pada bulan tersebut adalah Rp 1.000.000 + Rp 1.000.000 = Rp 1.500.000.

3. Salah satu prinsip dasar dalam sistem pemerintahan Indonesia adalah pemisahan kekuasaan. Prinsip ini terbagi menjadi tiga, yaitu:

A. Kekuasaan legislatif
B. Kekuasaan yudikatif
C. Kekuasaan eksekutif
D. Kekuasaan militer

Jawaban: A, B, dan C

KUMPULAN Bocoran Soal UTBK SBMPTN  PDF, Donwload Disini
KUMPULAN Bocoran Soal UTBK SBMPTN PDF, Donwload Disini

Pembahasan: Pemisahan kekuasaan terbagi menjadi tiga, yaitu kekuasaan legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Kekuasaan militer bukan merupakan prinsip dasar dalam sistem pemerintahan Indonesia.

4. Negara adidaya atau superpower adalah negara yang memiliki pengaruh besar di dunia. Negara manakah yang saat ini dikategorikan sebagai negara adidaya atau superpower?

Jawaban: Amerika Serikat

Pembahasan: Amerika Serikat saat ini dikategorikan sebagai negara adidaya atau superpower karena memiliki pengaruh besar di dunia dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, militer, dan teknologi.

Dengan mengasah kemampuanmu melalui contoh soal UTBK Soshum 2022 dan pembahasannya, kamu akan semakin siap menghadapi ujian tersebut. Pastikan untuk terus berlatih dan mempersiapkan diri dengan baik agar peluangmu untuk masuk PTN semakin terbuka lebar. Semangat!

Raih Impianmu Masuk PTN: Yuk Pelajari Soal UTBK Soshum 2022!

Apakah kamu ingin masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN)? Tentunya, impianmu itu bisa terwujud dengan ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Soshum 2022. UTBK Soshum adalah salah satu seleksi masuk ke PTN untuk program studi yang berhubungan dengan sains sosial dan humaniora.

Namun, UTBK Soshum 2022 bukanlah ujian yang mudah. Kamu memerlukan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik terhadap soal-soal UTBK Soshum 2022. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 dan pembahasannya.

Kenapa Harus Mempelajari Contoh Soal UTBK Soshum 2022?

Mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 sangat penting untuk meningkatkan peluangmu masuk PTN. Dengan mempelajari contoh soal, kamu bisa mengasah kemampuanmu dalam mengerjakan soal UTBK Soshum 2022. Kamu juga bisa mengetahui jenis soal yang sering muncul dalam UTBK Soshum 2022 sehingga kamu bisa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ujian tersebut.

Selain itu, dengan mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022, kamu juga bisa mengetahui tingkat kesulitan soal dan bagaimana cara menghadapi soal yang sulit. Hal ini akan membantumu menghemat waktu dalam mengerjakan soal dan bisa membuatmu lebih fokus dalam menjawab soal-soal lainnya.

Contoh Soal UTBK Soshum 2022 dan Pembahasannya

Berikut ini adalah beberapa contoh soal UTBK Soshum 2022 beserta pembahasannya.

1. Sebuah mobil dengan kecepatan 60 km/jam melaju selama 2 jam. Berapakah jarak yang ditempuh mobil tersebut?

Pembahasan: Pertama, kita harus mengubah kecepatan mobil dari km/jam ke m/s dengan cara membagi kecepatan dengan 3,6. Jadi, kecepatan mobil adalah 60/3,6 = 16,67 m/s. Kemudian, kita bisa menggunakan rumus jarak = kecepatan x waktu. Jadi, jarak yang ditempuh mobil adalah 16,67 x 2 = 33,34 km.

2. Sebuah persegi panjang memiliki panjang 8 cm dan lebar 4 cm. Berapakah keliling persegi panjang tersebut?

Pembahasan: Keliling persegi panjang dapat dihitung dengan rumus K = 2 x (p + l), dimana p adalah panjang dan l adalah lebar. Jadi, keliling persegi panjang adalah 2 x (8+4) = 24 cm.

3. Sebuah toko memberikan diskon 20% untuk semua produknya. Jika harga awal sebuah produk adalah Rp 500.000, berapakah harga setelah didiskon?

Pembahasan: Diskon 20% pada produk senilai Rp 500.000 adalah 20/100 x 500.000 = Rp 100.000. Jadi, harga setelah didiskon adalah Rp 500.000 – Rp 100.000 = Rp 400.000.

4. Jarak antara kota A dan kota B adalah 200 km. Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam. Berapa lama waktu yang dibutuhkan mobil untuk sampai di kota B?

Pembahasan: Waktu yang dibutuhkan mobil untuk sampai di kota B dapat dihitung dengan rumus waktu = jarak / kecepatan. Jadi, waktu yang dibutuhkan mobil adalah 200/50 = 4 jam.

Kesimpulan

Mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 dan pembahasannya sangat penting untuk meningkatkan peluangmu masuk PTN. Kamu bisa mengasah kemampuanmu dalam mengerjakan soal dan mengetahui jenis soal yang sering muncul dalam UTBK Soshum 2022. Selain itu, dengan mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022, kamu juga bisa mengetahui tingkat kesulitan soal dan bagaimana cara menghadapi soal yang sulit. Jadi, yuk siapkan dirimu dengan mempelajari contoh soal UTBK Soshum 2022 dan pembahasannya!

Posting Komentar untuk "Simak Contoh Soal UTBK Soshum 2022 Dan Pembahasannya Untuk Meningkatkan Peluang Masuk PTN!"