Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Persamaan Linear Satu Variabel Yang Mudah Dipahami Di Brainly

Pahami Persamaan Linear Satu Variabel dengan Mudah di Brainly!

Matematika seringkali menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Namun, jangan khawatir, karena di platform pembelajaran Brainly, kamu bisa dengan mudah memahami persamaan linear satu variabel.

Persamaan linear satu variabel adalah persamaan yang hanya memiliki satu variabel dan bentuknya seperti ini: ax + b = c. A, b, dan c adalah konstanta, sedangkan x adalah variabel yang ingin dicari nilainya.

Namun, sebelum memahami cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel, ada baiknya kamu memahami konsep dasarnya terlebih dahulu.

Untuk memahami konsep dasar persamaan linear satu variabel, kamu bisa menggunakan contoh soal berikut ini:

Jika harga satu buku adalah 25 ribu rupiah, berapa harga 5 buku?

Dari contoh soal di atas, kita bisa menuliskan persamaannya sebagai 1x + 0 = 25. Dalam hal ini, x merepresentasikan jumlah buku yang ingin dicari harganya.

Kita bisa menyelesaikan persamaan di atas dengan cara memindahkan konstanta ke sisi sebelah kanan dan menghitung nilai x.

1x = 25 – 0

1x = 25

buatlah masing masing  soal dan jawaban tentang persamaan dan
buatlah masing masing soal dan jawaban tentang persamaan dan

x = 25/1

x = 25

Jadi, harga 5 buku adalah 125 ribu rupiah.

Dalam contoh soal di atas, kita hanya memerlukan satu operasi pengurangan dan satu operasi pembagian untuk menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Namun, pada kenyataannya, persamaan linear satu variabel bisa lebih kompleks dan memerlukan beberapa operasi matematika untuk menyelesaikannya.

Namun, jangan khawatir, karena di Brainly, kamu bisa memahami cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel yang lebih kompleks dengan mudah.

Salah satu cara untuk menyelesaikan persamaan linear satu variabel adalah dengan menggunakan prinsip kesetimbangan. Prinsip ini mengatakan bahwa apa pun yang kita lakukan pada satu sisi persamaan, kita harus melakukannya pada sisi lainnya agar tetap seimbang.

Contohnya, jika kita ingin memindahkan konstanta ke sisi yang berlawanan, kita harus melakukan operasi matematika yang sama pada kedua sisi persamaan.

Berikut adalah contoh soal persamaan linear satu variabel yang lebih kompleks:

4x + 5 = 17 – 2x

Kita bisa menyelesaikan persamaan di atas dengan cara memindahkan konstanta ke sisi sebelah kanan dan variabel ke sisi sebelah kiri.

Buatlah tiga contoh persamaan linear satu variabel - Brainly.co
Buatlah tiga contoh persamaan linear satu variabel – Brainly.co

4x + 2x = 17 – 5

6x = 12

x = 2

Jadi, nilai x pada persamaan di atas adalah 2.

Tidak sulit, bukan? Dengan memahami konsep dasar persamaan linear satu variabel dan beberapa teknik penyelesaiannya, kamu bisa dengan mudah menyelesaikan persamaan linear satu variabel yang lebih kompleks.

Selain itu, di Brainly, kamu juga bisa bertanya kepada para pengguna lainnya jika kamu mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Di sana, banyak pengguna yang siap membantu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu dengan cepat dan mudah dipahami.

Jadi, jangan takut matematika lagi, ya! Dengan Brainly, kamu bisa memahami persamaan linear satu variabel dengan mudah dan cepat.

Contoh Soal Persamaan Linear yang Bikin Belajar Menjadi Seru!

Membahas tentang matematika memang tidak selalu mudah. Namun, dengan memahami pelajaran matematika, kita dapat menyelesaikan berbagai masalah yang melibatkan bilangan dan operasi hitung. Salah satu topik yang sering diajarkan di sekolah adalah persamaan linear satu variabel.

Persamaan linear satu variabel adalah persamaan matematika sederhana yang melibatkan satu variabel atau satu parameter. Persamaan ini biasanya ditulis dalam bentuk ax + b = c, di mana a, b, dan c merupakan bilangan real. Untuk menyelesaikan persamaan ini, kita harus mencari nilai x yang membuat persamaan tersebut benar.

Agar belajar tentang persamaan linear satu variabel menjadi lebih seru dan menyenangkan, mari kita lihat beberapa contoh soal berikut ini:

contoh sistem persamaan linear satu variabel - Brainly.co
contoh sistem persamaan linear satu variabel – Brainly.co

1. Tentukan nilai x pada persamaan 3x + 5 = 14!
Tahapan penyelesaian:
a. Kurangkan bilangan 5 dari kedua ruas persamaan.
3x + 5 – 5 = 14 – 5
3x = 9
b. Bagi kedua ruas persamaan dengan bilangan 3.
3x/3 = 9/3
x = 3

Jadi, nilai x pada persamaan itu adalah 3.

2. Selesaikan persamaan 4x – 7 = 5 – 2x!
Tahapan penyelesaian:
a. Tambahkan bilangan 2x pada kedua ruas persamaan.
4x – 7 + 2x = 5 – 2x + 2x
6x – 7 = 5
b. Tambahkan bilangan 7 pada kedua ruas persamaan.
6x – 7 + 7 = 5 + 7
6x = 12
c. Bagi kedua ruas persamaan dengan bilangan 6.
6x/6 = 12/6
x = 2

Jadi, nilai x pada persamaan itu adalah 2.

3. Hitunglah nilai x pada persamaan 2x – 4 = 8 – 3x!
Tahapan penyelesaian:
a. Tambahkan bilangan 3x pada kedua ruas persamaan.
2x – 4 + 3x = 8 – 3x + 3x
5x – 4 = 8
b. Tambahkan bilangan 4 pada kedua ruas persamaan.
5x – 4 + 4 = 8 + 4
5x = 12
c. Bagi kedua ruas persamaan dengan bilangan 5.
5x/5 = 12/5
x = 2.4

Jadi, nilai x pada persamaan itu adalah 2.4.

Dengan memahami cara menyelesaikan contoh soal di atas, kita dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai macam persamaan linear satu variabel. Jangan takut untuk belajar matematika, karena matematika adalah pelajaran yang menyenangkan jika kita memahaminya dengan baik. Yuk, terus belajar dan jangan lupa berlatih!

Yuk, Pahami Cara Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel!

Matematika seringkali menjadi momok bagi sebagian orang. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, belajar matematika pun menjadi lebih mudah dengan bantuan platform pembelajaran seperti Brainly. Salah satu hal yang sering menjadi kendala dalam belajar matematika adalah memahami persamaan linear satu variabel. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan mudah!

1. Persamaan Linear Satu Variabel

Sebelum kita membahas cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu persamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel adalah persamaan matematika yang hanya mengandung satu variabel dengan pangkat tertinggi 1 (linear) dan tidak memiliki pengkalian antar variabel. Contohnya adalah 5x + 3 = 18.

2. Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel

Langkah pertama dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel adalah dengan memindahkan konstanta ke sisi sebelah kanan dan mengumpulkan variabel pada sisi sebelah kiri. Dalam contoh 5x + 3 = 18, kita bisa memindahkan konstanta 3 ke sisi sebelah kanan dengan cara menguranginya dari kedua sisi persamaan sehingga menjadi 5x = 15.

Selanjutnya, kita perlu membagi kedua sisi persamaan dengan koefisien variabel (x). Dalam contoh di atas, koefisien variabel adalah 5 sehingga kita perlu membagi kedua sisi persamaan dengan 5 sehingga menjadi x = 3.

3. Contoh Soal

Mari kita praktekkan cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan contoh soal berikut: 2x – 5 = 7.

Langkah pertama, kita pindahkan konstanta -5 ke sisi sebelah kanan dengan cara menambahkannya pada kedua sisi persamaan sehingga menjadi 2x = 12.

Selanjutnya, kita bagi kedua sisi persamaan dengan koefisien variabel (2) sehingga menjadi x = 6.

4. Kesimpulan

Menyelesaikan persamaan linear satu variabel sebenarnya tidaklah sulit asalkan kita memahami langkah-langkahnya dengan benar. Dengan bantuan platform pembelajaran seperti Brainly, kita bisa belajar matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan. Yuk, teruslah belajar dan jangan takut matematika!

Jangan Takut Matematika, Pahami Persamaan Linear Satu Variabel di Brainly!

Matematika seringkali menjadi momok bagi sebagian orang. Bahkan, banyak yang takut menghadapi mata pelajaran ini. Namun sebenarnya, matematika tidak sesulit yang dibayangkan. Salah satu materi matematika yang seringkali menjadi momok bagi para pelajar adalah persamaan linear satu variabel. Padahal, persamaan linear satu variabel sebenarnya sangat mudah dipahami jika kita tahu cara mempelajarinya.

Nah, di Brainly, kamu bisa dengan mudah memahami persamaan linear satu variabel. Berikut ini adalah contoh soal persamaan linear satu variabel yang mudah dipahami di Brainly:

Soal 1: Sebuah toko menjual 200 bantal. Harga jual tiap satu bantal adalah Rp 20.000. Berapa total penghasilan dari penjualan bantal tersebut?

Jawaban:
Diketahui:
Jumlah bantal = 200
Harga tiap satu bantal = Rp 20.000

Maka, total penghasilan dari penjualan bantal tersebut adalah:
200 x 20.000 = Rp 4.000.000

Soal 2: Jika 2x + 5 = 11, maka berapakah nilai x?

Jawaban:
Diketahui:
2x + 5 = 11

Maka, nilai x dapat dicari dengan cara:
2x = 11 – 5
2x = 6
x = 6/2
x = 3

Soal 3: Sebuah restoran memiliki 12 meja. Setiap meja dapat menampung 4 orang. Berapa jumlah maksimum orang yang bisa duduk di restoran tersebut?

Jawaban:
Diketahui:
Jumlah meja = 12
Setiap meja dapat menampung 4 orang

Maka, jumlah maksimum orang yang bisa duduk di restoran tersebut adalah:
12 x 4 = 48 orang

Dari ketiga contoh soal di atas, bisa dilihat bahwa persamaan linear satu variabel sebenarnya sangat mudah dipahami jika kita tahu cara mempelajarinya. Selain itu, dengan bergabung di Brainly, kamu juga bisa belajar bersama dengan pengguna lainnya. Kamu bisa saling bertukar informasi dan membantu satu sama lain dalam memahami materi tersebut. Sehingga, belajar matematika di Brainly menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Jangan takut matematika! Pahami persamaan linear satu variabel dengan mudah di Brainly. Jadilah bagian dari komunitas belajar online terbesar di Indonesia dan dapatkan pengetahuan yang lebih luas dari berbagai bidang.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Persamaan Linear Satu Variabel Yang Mudah Dipahami Di Brainly"