Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Soal Kata Baku Beserta Jawabannya Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anda

Tingkatkan Skill Bahasa dengan 5 contoh soal kata baku!

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan di Indonesia. Sebagai seorang anak bangsa, kita dipaksa untuk mempelajari bahasa ini sejak kecil. Namun, meskipun bahasa Indonesia adalah bahasa ibu kita, masih banyak orang yang kesulitan dalam menulis dan berbicara dengan bahasa Indonesia dengan benar.

Salah satu masalah yang sering kita hadapi adalah penggunaan kata baku yang benar. Kata baku adalah kata yang disepakati secara resmi oleh Pusat Bahasa sebagai kata yang digunakan secara umum dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk memahami kata baku dengan benar agar kita dapat berbicara dan menulis dengan bahasa Indonesia yang benar.

Berikut adalah 5 contoh soal kata baku beserta jawabannya yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia Anda:

1. Mana yang benar, penyiaran atau penyiaraan?

Jawab: Penyiaran adalah kata baku yang benar. Kata ini mengacu pada proses atau kegiatan menyiarkan sesuatu. Sedangkan penyiaraan adalah kata yang tidak baku.

2. Mana yang benar, perabot atau perlengkapan?

Jawab: Perabot adalah kata baku yang benar. Kata ini mengacu pada barang-barang yang digunakan dalam sebuah rumah atau kantor. Sedangkan perlengkapan adalah kata yang tidak baku.

3. Mana yang benar, abadi atau abadiah?

Jawab: Abadi adalah kata baku yang benar. Kata ini mengacu pada sesuatu yang kekal atau tidak berubah-ubah. Sedangkan abadiah adalah kata yang tidak baku.

Kosa kata baku worksheet
Kosa kata baku worksheet

4. Mana yang benar, adendum atau addendum?

Jawab: Addendum adalah kata baku yang benar. Kata ini mengacu pada tambahan atau perubahan pada sebuah dokumen atau kontrak. Sedangkan adendum adalah kata yang tidak baku.

5. Mana yang benar, paten atau peten?

Jawab: Paten adalah kata baku yang benar. Kata ini mengacu pada hak kekayaan intelektual atas penemuan atau ciptaan. Sedangkan peten adalah kata yang tidak baku.

Dengan mempelajari dan menguji diri Anda sendiri menggunakan soal kata baku, Anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia Anda. Selain itu, Anda juga dapat menghindari kesalahan tata bahasa yang sering terjadi jika tidak memahami kata baku dengan benar.

Kata baku bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda pelajari untuk meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia Anda. Namun, dengan memulai dari hal yang kecil seperti mempelajari kata baku, Anda dapat membangun pondasi dasar yang kuat untuk kemampuan bahasa Indonesia Anda.

Jadi, ayo tingkatkan skill bahasa Anda dengan 5 contoh soal kata baku yang telah disediakan dan uji kemampuan Anda!

Siapkan Diri Anda dengan 5 contoh soal kata baku Terbaru!

Kata baku atau sering disebut juga sebagai kata yang benar adalah kata yang ditetapkan oleh KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Penggunaan kata baku sangat penting dalam berkomunikasi, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena kata baku mempengaruhi pengucapan dan kualitas bahasa kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan menguasai kata baku.

Untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Anda, kami telah menyiapkan 5 contoh soal kata baku terbaru beserta jawabannya. Dengan berlatih menjawab soal-soal ini, diharapkan kemampuan bahasa Anda semakin terasah dan meningkat.

1. Mana yang merupakan kata baku dari pilihan berikut ini?
a. keluarga
b. kelarga
c. kluarga
d. kluerga

Soal Kata Baku  PDF
Soal Kata Baku PDF

Jawaban: b. kelarga

Kata baku dari kata keluarga adalah kelarga. Meskipun sering diucapkan dengan e, namun pengucapan yang benar adalah kelarga.

2. Kata baku dari kata ‘mekanik’ adalah…
a. mekanik
b. mekanik
c. mecanic
d. mecanik

Jawaban: a. mekanik

Kata baku dari kata mekanik adalah mekanik. Pengucapan kata yang benar adalah mekanik, bukan mecanic.

3. Pilihlah kata baku dari pilihan berikut ini!
a. jempol
b. jempal
c. jampol
d. jampal

Jawaban: a. jempol

Kata baku dari kata jempol adalah jempol. Meskipun pengucapan yang benar sering kali diucapkan jempal, namun yang benar adalah jempol.

4. Kata yang benar di antara pilihan berikut ini adalah….
a. serdam
b. serdam
c. sedam
d. sedam

Jawaban: b. serdam

Soal Ulangan Harian Kata Baku Dan Tidak Baku  PDF
Soal Ulangan Harian Kata Baku Dan Tidak Baku PDF

Kata yang benar dari pilihan di atas adalah serdam. Meskipun pengucapan sedam sering didengar, tetapi yang benar adalah serdam.

5. Kata baku dari kata ‘adrenalin’ adalah…
a. adrenalin
b. adrenalin
c. adrelin
d. adrelin

Jawaban: a. adrenalin

Kata baku dari kata adrenalin adalah adrenalin. Meskipun pengucapan yang benar sering kali diucapkan adrelin, namun yang benar adalah adrenalin.

Dengan menjawab 5 contoh soal kata baku terbaru di atas, diharapkan kemampuan bahasa Anda dalam menggunakan kata baku semakin meningkat. Selain itu, diharapkan juga agar Anda semakin terlatih dalam memilih kata-kata yang tepat dan benar. Jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar bahasa Indonesia, sehingga kemampuan bahasa Anda semakin terasah dan terdepan. Semoga bermanfaat!

Cegah Kesalahan Tatabahasa dengan 5 Soal Kata Baku dan Jawabannya!

Kata baku menjadi hal yang sangat penting dalam tata bahasa bahasa Indonesia. Tidak hanya sebagai penanda keformalan dalam berbicara, namun juga menunjukkan kecerdasan seseorang dalam menguasai bahasa Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa adalah dengan mengasah pengetahuan tentang kata baku.

Namun, kadang kala kita seringkali membuat kesalahan dalam menggunakan kata baku tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus berlatih dan memperkuat pemahaman tentang kata baku. Berikut adalah 5 contoh soal kata baku beserta jawabannya yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Anda.

1. Apa yang benar, “senin” atau “Senin”?
Jawaban: “Senin”. Huruf pertama dalam kata hari harus selalu huruf kapital.

2. Apa yang benar, “makanan” atau “Makanan”?
Jawaban: “makanan”. Huruf pertama dalam kata benda tidak harus selalu huruf kapital, kecuali jika kata tersebut merupakan nama benda atau produk tertentu.

3. Apa yang benar, “mengejar” atau “mengajar”?
Jawaban: “mengejar”. Kata kerja “mengajar” memiliki arti memberikan pelajaran, sedangkan kata kerja “mengejar” memiliki arti mengejar atau mengejar seseorang atau sesuatu.

4. Apa yang benar, “diam-diam” atau “diamdiam”?
Jawaban: “diam-diam”. Dalam penulisan kata hubung, seperti “diam-diam”, harus selalu menggunakan tanda hubung (-) di antara kata.

5. Apa yang benar, “pertanyaan” atau “pertannyaan”?
Jawaban: “pertanyaan”. Dalam penulisan kata yang mengandung huruf “e” dan “a” secara berdampingan, selalu gunakan urutan “e” terlebih dahulu, kemudian “a”.

Dengan menguasai contoh soal kata baku di atas, kita dapat menghindari kesalahan dalam menggunakan kata baku dan meningkatkan kemampuan bahasa kita. Selain itu, dengan mengasah kemampuan bahasa kita, kita juga bisa lebih percaya diri dan nyaman dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis.

Jadi, jangan ragu untuk terus berlatih dan memperkuat pemahaman tentang kata baku. Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa kita dapat berbicara dan menulis bahasa Indonesia dengan benar dan bersih. Selamat belajar!

Posting Komentar untuk "5 Contoh Soal Kata Baku Beserta Jawabannya Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anda"