Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Benar Mengajukan Surat Pengunduran Diri Kuliah

Menuntut ilmu di bangku kuliah memang sangat berbeda dari tingkat pendidikan sebelumnya. Seorang mahasiswa karena beberapa alasan bisa saja mengundurkan diri dari perkuliahan. Untuk melakukan hal ini perlu adanya pengantar administratif yaitu surat pengunduran diri kuliah.

Pentingnya Membuat Surat Pengunduran Diri Kuliah Sesuai Prosedur

Ketika memulai perkuliahan, tentu banyak hal yang perlu Anda persiapkan dan lakukan. Mulai dari mengurus administrasi, ikut seleksi, mengisi formulir pendaftaran sampai dengan mengurus segala biaya apabila sudah sah pihak kampus terima.

Dengan kata lain untuk mendapatkan status mahasiswa banyak hal yang perlu Anda lakukan. Hal ini juga berlaku dalam melakukan proses pengunduran diri. Terdapat beberapa hal dan prosedur harus seorang mahasiswa ikut. Keputusan mundur dari perkuliahan memang bukan main main.

Mengingat tindakan ini sangat krusial maka dari itu mahasiswa harus melalui beberapa tahapan ketika hendak mengajukan permohonan undur diri. Salah satu syarat yang harus Anda penuhi adalah mengajukan pembuatan surat pengunduran diri kuliah sesuai prosedur.

Baca juga : Sebelum Ambil Kuliah Managemen Perhatikan Hal Penting Ini Dahulu

Tata Cara Benar Mengajukan Surat Pengunduran Diri Kuliah


Tata Cara Benar dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

Tidak semua orang memiliki nasib yang sama, hal ini kadang jadi faktor utama membuat seorang pelajar di bangku kuliah harus mundur. Untuk melakukan aktivitas krusial ini perlu namannya pembuatan surat pengunduran diri, berikut tata cara benar dalam membuatnya :

1. Menggunakan Tata Bahasa yang Sopan

Ketika memutuskan untuk mengundurkan diri, pastikan untuk menuliskan surat pernyataan secara baik dan benar. Maksudnya di sini adalah memperhatikan penggunaan kata secara baik sehingga enak pihak kampus baja, hormat dan juga sopan. Jangan sampai membuatnya secara tidak beraturan.

Pihak kampus atau Universitas sangat menghormati dan menghargai bila surat pengunduran diri dari mahasiswa ini tertulis secara rapi dan sopan. Ini juga bisa menjadi pertimbangan dalam melancarkan proses pembuatan izin pengunduran diri ini. Potensi permohonan pihak kampus terima terlihat dari sini.

2. Sampaikan Alasan Masuk Akal

Menjelaskan alasan kenapa harus mundur dari perkuliahan sangatlah penting. Dalam menyampaikan alasan ini, pastikan menuliskannya secara jelas, padat, dan langsung ke intinya saja. Pihak kampus sangat senang membaca pernyataan seperti ini, karena dapat memahaminya secara cepat dan akurat.

Alasan Anda mengundur diri juga harus logis atau masuk akal, apabila terkesan tidak benar dan main main tentu pihak kampus ragu menerima nya. Pastikan membuatnya secara baik tegas dan langsung sampaikan alasan kenapa harus mundur dari proses pembelajaran ini.

3. Pastikan Melampirkan Data Diri

Seperti penjelasan di awal paragraf, semua aktifitas di kampus identik dengan sifat formal. Kondisi ini tentu membuat seorang mahasiswa harus menyertakan informasi dirinya secara jelas dalam berbagai aktivitas termasuk mengundurkan diri. Mungkin beberapa orang belum mengerti pentingnya hal ini.

Sebagai seorang pelajar, Anda harus melampirkan setidaknya nama, alamat, kontak person, sampai dengan jurusan serta prodi saat ini. Informasi ini sangat penting sehingga pihak kampus dapat memprosesnya secara cepat. Beberapa orang tentu ingin proses undur diri ini berlangsung cepat.

Baca Juga : Mengenal Kegunaan Surat Keterangan Aktif Kuliah dan Contohnya

 

4. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Saat menuliskan surat pengunduran diri ini pastikan memberikan kesan baik dan bagus kepada pihak lembaga pendidikan. Hal ini bisa Anda wujudkan salah satunya adalah dengan memberikan ucapan rasa syukur dan terima kasih pada surat tersebut.

Keuda kalimat ini akan memberikan kesan luar biasa sehingga pihak kampus mungkin akan merasa terharu. Keputusan untuk mundur dari perkuliahan memang bukan hal mudah. Maka dari itu, pastikan membuat suratnya secara rapi baik dan memberikan kesan bagus.

5. Sampaikan Permohonan Maaf

Untuk menyempurnakan penulisan surat pengunduran diri Anda pastikan memberikan kata maaf kepada penulisannya. Kata ini mengandung makan yang sangat luar biasa dan juga bisa memberikan dampak sangat baik dalam proses ini.

Memberikan ucapan permintaan maaf karena harus meninggalkan bangku kuliah menjadi hal penting. Setelah menyampaikan kata maaf barulah melanjutkannya dengan alasan logis pengunduran diri. Perpaduan kalimat ini bisa jadi tolak ukur penting pihak kampus menyetujuinya.


Contoh Penulisan Surat Pengunduran Diri Kuliah yang Benar

Dalam menuliskan surat pengunduran ini, seorang mahasiswa wajib memperhatikan beberapa unsur penting. Apabila sebuah surat tidak menyampaikan pesan secara jelas dan singkat, maka sulit bagi pembaca untuk memahaminya. Pastikan surat Anda memiliki unsur berikut :

  • Nama
  • Nim
  • Fakultas
  • Semester
  • SKS
  • IPK
  • Email
  • Lampiran surat pentingnya

Contoh Penulisan Surat Pengunduran Diri Kuliah yang Benar


Hal Penting harus Dilakukan sebelum Berhenti Kuliah

Tidak semua orang memang bisa berkuliah sampai tuntas. Terdapat beberapa mahasiswa yang memutuskan proses pembelajaran ini di tengah jalan akibat beberapa hal. Akan tetapi sebelum mengundurkan diri perhatikan beberapa hal penting ini :

1. Berdiskusi dengan Pengajar atau Dosen

Setiap mahasiswa memiliki hak untuk punya satu dosen pembimbing akademik ketika sudah berstatus sebagai pelajar di kampus. Apabila ingin mengambil keputusan untuk mengundurkan diri, pastikan sudah melakukan diskusi dengan dosen pembimbing akademik ini.

Memang tidak semua mahasiswa dapat menjalin hubungan yang erat dengan dosen pembimbing. Akan tetapi apabila terdapat permasalahan mendesak seperti kondisi ini, tentunya pengajar akan meluangkan waktunya dan mau berdiskusi dengan Anda.

Baca juga :  Inilah Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah Ingin Bekerja

 

2. Menuntaskan Seluruh Kewajiban Administrasi

Saat mengikuti perkuliahan tentunya setiap mahasiswa harus melakukan aktivitas administrasi mulai dari melengkapi data sampai dengan melakukan pembayaran. Dalam dunia perkuliahan ada aktivitas peminjaman buku di perpustakaan atau peminjaman uang di koperasi kampus.

Apabila Anda pernah melakukan hal ini dan belum mengembalikannya, maka segara tuntaskanlah hal ini dapat memberikan pengaruh kepada keputusan pengunduran diri seorang mahasiswa. Jika tanggungan seperti ini belum selesai pengajuan pengunduran diri bisa saja gagal.


3. Mengajukan Surat Permohonan Pengunduran Diri

Seperti penjelasan di point sebelumnya, mengajukan surat permohonan pengunduran diri sangat penting dalam melancarkan aktivitas ini. Ini merupakan media administratif yang menyatakan bila seorang mahasiswa benar benar mengundurkan diri.

Membuat sebuah surat permohonan pengunduran diri harus seorang mahasiswa lakukan sebagai tanda resmi serta bukti untuk kedepannya. Di dalam surat ini berisikan data mahasiswa tersebut beserta dengan tanda tangan serta alasan kenapa harus berhenti dari dunia perkuliahan ini.


4. Merencanakan Tujuan Selanjutnya

Setelah Anda memutuskan untuk tidak mengikuti perkuliahan lagi, bukan berarti harus berhenti belajar. Meskipun tidak dapat ikut serta sebagai mahasiswa lagi, terdapat beberapa hal yang dapat seorang mantan mahasiswa lakukan untuk membekali diri dalam menghadapi berbagai ujian hidup.

Terdapat beberapa program menari seperti, langsung mendaftarkan diri di pekerjaan part time atau ikut serta dalam program magang. Berhenti kuliah memang bukanlah keputusan mudah. Jika alasan ini berhenti bukan karena biaya, bisa mencoba berkuliah kembali dengan memilih jurusan lain.

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Binder Kuliah Cocok untuk Mahasiswa Baru

Demikian informasi mengenai tata cara benar mengajukan surat pengunduran diri kuliah. Melakukan semua aktivitas sesuai prosedur yang berlaku sangatlah penting. Kampus merupakan tempat bersifat formal, tidak heran bila segala kegiatannya melibatkan surat menyurat. 

Posting Komentar untuk "Tata Cara Benar Mengajukan Surat Pengunduran Diri Kuliah"