Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Ambil Kuliah Managemen Perhatikan Hal Penting Ini Dahulu

Pendidik.id - Dalam beberapa tahun terakhir, lulusan sekolah menengah atas dan sederajat tercatat cukup banyak yang ini mengambil kuliah managemen. Jurusan satu ini memang sangat populer dan punya banyak prospek masa depan bagus setelah menyelesaikan pendidikannya.

Apa yang Dimaksud dengan Kuliah Managemen ?

Manajemn dalam bahasa indonesia bisa bermakna pengoranisasasian, perencanaan, pengendalian atau pengarahan dalam mencapai sebuah tujuan. Secara eksplisit, manajemen adalah metode atau tata cara yang orang gunakan untuk mengelola sesuatu, khususnya di bidang ekonomi.

Keterampilan dalam melakukan perencanaan atau pengarahan ini nantinya akan jadi indikator dalam melakukan berbagai aktivitas usaha seperti produksi barang dan juga pemasarannya. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini punya harapan bisa mengelola aktivitas bisnis secara baik.

Saat memutuskan untuk ambil kuliah managemen, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kemampuan dalam menyusun rencana, leadership, pemecahan masalah, pemahaman, dan pemanfaatan alat analisis harus benar benar calon mahasiswa pelajari secara baik.

Sebelum Ambil Kuliah Managemen Perhatikan Hal Penting Ini Dahulu


Konsentrasi Mahasiswa Manajemen perlu Diketahui

Ketika menempuh pendidikan di jurusan manajemen bangku kuliah, terdapat beberapa konsentrasi yang bisa mahasiswa pilih. Ini merupakan klasifikasi dimana mahasiswa bisa menentukan fokus belajarnya sebelum masuk dunia kerja. Berikut beberapa konsentrasi di jurusan manajemen :

1. Manajemen Pemasaran atau Marketing

Mahasiswa manajemen sehari harinya akan mempelajari tentang teknik pemasaran atau marketing dan juga peluang pasar. Mempelajari teori tentang bagaimana mempertimbangkan price, place, product dan juga promotion merupakan makanan sehari hari.

Fokus kuliah manajemen terletak pada pembuatan strategi persaingan bisnis. Pembelajarannya meliputi bagaimana pembuatan sebuah konsep yang kreatif dalam melakukan berbagai aktivitas ekonomi ini agar selalu mengikuti trend pasar.

Manajemen Pemasaran atau Marketing


2. Manajemen Keuangan atau Financial

Manajemen finansial merupakan sebuah teknik yang mempelajari bagaimana mengelola sebuah keuangan dalam perusahaan. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari semua aspek tentang keungaunan seperti pengontrolan dana, penggalian, sampai dengan pemanfaatannya.

Mahasiswa akan mempelajari secara penuh perihal strategi terbaik dalam mengoptimalisasikan keuangan sebuah perusahaan. Konsentrasi ini cocok untuk mahasiswa yang benar benar menyukai tentang semua hal berkaitan perhitungan.

Manajemen Keuangan atau Financial

3. Manajemen Sumber Daya Manusia

Terdapat sebuah disiplin ilmu dalam jurusan manajemen yang mempelajari bagaimana memahami karyawan. Pegawai atau sumber daya manusia merupakan salah satu aset penting yang harus mendapatkan perhatian dari setiap perusahaan.

Manajemen SDM merupakan pembelajar tentang tingkah laku karyawan dan bagaimana menangani hal tersebut sehingga bisa meningkatkan kinerja serta produktivitas. Mahasiswa yang sangat berminat dengan ilmu psikologi sangat cocok untuk mendalami disiplin ilmu ini.


4. Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah semua ilmu yang mempelajari tentang kualitas sebuah produk terdiri dari pengiriman dan pembuatannya. Operasional juga mengacu pada pembelajaran mengenai pemahaman memiliki proses operasi secara efisien dan efektif.

Sebagai mahasiswa di program studi manajemen, memahami bagaimana proses logistik, proyek, dan juga pembuatan produk sangatlah penting sehingga dapat mengelola atau memanjamerial biaya operasional perusahaan dengan akurat dan tepat.


Apa yang Perlu Calon Mahasiswa Manajemen Siapkan ?

Apabila Anda memang punya minat besar di dunia ekonomi dan keuangan, misalnya suka melakukan perhitungan dasar matematika, lalu sangat terobsesi bagaimana cara melakukan manajemen dalam berbagai aspek kehidupan.

Kondisi ini memungkinkan Anda untuk bisa mengambil kuliah ini. Calon mahasiswa manajemen harus mempunyai pemikiran kritis dan analitis. Hal ini sangat penting untuk melakukan dan menemukan data yang valid dalam sebuah riset manajerial.

Selain itu seperti penjelasan di atas, bila calon mahasiswa manajemen setidaknya harus menanamkan diri sedini mungkin dalam melakukan pengelolaan hidup. Mulai dari mengatur uang sendiri dahulu, waktu, danjuga pola hidup lainnya secara tertata dan terorganisir.

Prospek Pekerjaan Alumni Program Studi Manajemen

Jurusan kuliah satu ini memang sangat populer di kalangan calon mahasiswa baru. Salah satu aspek kenapa program studi ini menarik adalah potensi atau prospek pekerjaannya. Terdapat cukup banyak pekerjaan menarik lulusan perkuliahan ini. berikut informasinya :

Prospek Pekerjaan Alumni Program Studi Manajemen


1. Staf Manajer Pemasaran Perusahaan

Lulusan jurusan manajemen punya kesempatan besar bekerja di berbagai perusahaan menjadi seorang staf manajerial marketing. Ini bisa mahasiswa ambil bila mengikuti disiplin ilmu manajemen pemasaran. Profesi ini punya peran penting dalam memasarkan sebuah produk.

Ketika memutuskan untuk bekerja sebagai staf manajer pemasaran di sebuah perusahaan, penting untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Seorang staf manajer pemasaran akan sering bertemu dengan klien untuk menawarkan produk agar bisa pelanggan beli.


2. Staf Manajer Finansial atau keuangan

Apabila Anda mengambil disiplin ilmu manajemen keuangan, maka profesi yang menanti tentunya adalah menjadi seorang ahli keuangan di perusahaan baik seorang staf ataupun managernya. Peran dari pekerjaan ini sangat penting dalam mengelola keuangan perusahaan.

Tim atau divisi keuangan punya tugas utama untuk memastikan sumber pendapatan sebuah perusahaan bisa berjalan secara maksimal. Selain itu profesi ini juga harus bisa mengelola serta mengalokasikan dana tersebut secara tepat, efektif, dan penuh manfaat.


3. Staf Manajer HRD

Human Resource Development atau sering orang sebut dengan HRD punya peran penting dalam sebuah perusahaan. Seorang lulusan jurusan manajemen memiliki peluang kerja menjadi staf HRD atau jadi HRD itu sendiri.

Tim atau departemen HRD punya tugas penting dalam menyeleksi calon pegawai baru potensial. Setelah itu menempatkan para karyawan ini pada pos atau bidang sesuai skil yang ia miliki sehingga bisa meningkatkan produktivitas perusahaan secara baik.


4. Staf Manajer Operasional

Seorang staf atau manajer operasional punya tugas utama untuk merancang, mengawasi, dan mengoptimalkan proses operasional perusahaan. Aktivitasnya meliputi pengelolaan dana secara maksimal baik untuk kebutuhan pengembangan, bisnis, dan biaya pengerjaan produksi.

Tim atau divisi operasional juga harus selalu update tentang informasi bagaimana sekarang industri dalam sebuah perusahaan berjalan. Profesi ini menuntut Anda untuk selalu belajar dan mengupgrade kemampuan agar tidak ketinggalan tentang berbagai konsep baru dalam dunia bisnis.


5. Akademisi atau Pengajar

Seorang lulusan program studi manajemen juga bisa melanjutkan studinya ke jenjang magister. Setelah menyelesaikan pendidikan ini ada peluang untuk menjadi seorang akademis atau dosen. Ini merupakan sebuah profesi dengan prospek bagus juga.

Tugas seorang dosen tentu saja memberikan pengajaran kepada mahasiswa baru tentang semua hal ilmu manajemen. Menjadi seorang akademis atau dosen di sebuah perguruan tinggi bisa jadi langkah luar biasa dalam hidup Anda.


6. Petugas LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat jadi salah satu organisasi penting di Indonesia dimana bekerja sama dengan berbagai platform luar negeri. Alumni program studi manajemen dapat membuka sebuah LSM untuk meningkatkan kemampuan anak bangsa.

Tugas utamanya tentu saja memberikan pembelajaran kepada masyarakat sertai ilmu bermanfaat. Menjadi petugas atau pendiri LSM jadi opsi menarik untuk lulusan manajemen dalam mewujudkan pancasila kecerdasan kehidupan berbangsa dan bernegara.


Demikian informasi mengenai hal penting yang harus calon mahasiswa sebelum mengambil kuliah managemen. Semua jurusan atau program studi di bangku kuliah tentu punya keunggulannya masing masing, mempelajari secara mendalam tentang hal ini sebelum berkuliah sangatlah penting.

Posting Komentar untuk "Sebelum Ambil Kuliah Managemen Perhatikan Hal Penting Ini Dahulu"