Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kegunaan Surat Keterangan Aktif Kuliah dan Contohnya

 PENDIDIK.ID - Kuliah memang jadi dunia formal yang hampir semua aktivitasnya memerlukan transaksi administratif. Dengan kata lain kegiatan mahasiswa kebanyakan melibatkan surat menyurat. Maka dari itu, penting untuk Anda sebagai pelajar mengetahui surat keterangan aktif kuliah.


Apa Itu Surat Keterangan Aktif Kuliah ?

Surat keterangan aktif kuliah merupakan media untuk menjadi tanda sebuah kegiatan yang akan mahasiswi laksana. Aktivitas administratif ini sangat penting karena memang area kampus atau universitas merupakan dunia formal. Maka dari itu, kegiatannya tidak akan jauh dari surat menyurat.

Surat keterangan ini biasanya mahasiswa perlukan untuk beberapa aktivitas seperti perlombaan ataupun pengajuan beasiswa. Kehadirannya akan menjadi sebuah bukti absah mengenai kegiatan atau aktivitas yang akan mahasiswa laksanakan.

Karena orang gunakan untuk keperluan instalasi, sifat surat keterangan aktif ini adalah resmi. Surat ini juga menjadi alat jaminan bila Anda benar benar berkuliah dan sedang menempuh sebuah pendidikan di Universitas dalam jurusan tertentu. Maka dari itu, kehadirannya sangatlah penting.

Mengenal Kegunaan Surat Keterangan Aktif Kuliah


Tata Cara Mendapatkan Surat Keterang Aktif Kuliah

Sebagai mahasiswa mengikuti segala prosedur di dalam kampus dengan baik dan benar adalah tanda intelektual. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, tentu Anda harus melalui prosedur secara benar. Mendapatkan surat keterangan ini bisa mengikut beberapa tahapan berikut :

1. Pergi Ke Tata Usaha Kampus

Tata usaha atau bagian administrasi kampus merupakan tempat di mana mahasiswa dapat meminta atau mengajukan sebuah perihal. Untuk mendapatkan surat keterangan aktif kuliah tentu sebagai mahasiswa bisa mengajukannya ke tata usaha kampus.

Sesampainya di sana, tanyakan kepada pegawai mengenai syarat lengkap untuk melakukan pengajuan ini. Umumnya pihak kampus hanya menanyakan beberapa informasi dasar saja seperti jurusan, nomor induk mahasiswa, alasan, keperluan, dan juga nama orang tua tentunya.

2. Mengisi Formulir dan Mengajukannya

Setelah Anda menanyakan syarat pembuatan akan mendapatkan sebuah form pengisian data dari petugas tata usaha kampus. Isikan semua data pada lembar formulir tersebut sampai tuntas jangan sampai ada yang tertinggal. Apabila data tidak lengkap kemungkinan mengulang bisa saja terjadi.

Apabila sudah terisikan maka langsung kembalikan ke pihak petugas tata usaha kampus, umumnya surat keterangan Anda akan langsung mengalami pemrosesan. Jika kinerja dari pegawai cepat biasanya langsung jadi pada hari itu juga sehingga bisa langsung menggunakannya.

Baca juga :  Inilah Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah Ingin Bekerja

 

Contoh Surat Keterangan Aktif Kuliah

Dalam prakteknya format penulisan surat keterangan aktif kuliah ini hadir dengan berbagai macam model seusai instansi atau kampus itu sendiri. Akan tetapi tujuannya tetap sama. Biasanya surat keterangan aktif kuliah ini terdiri dari :

  • Nama
  • Nim
  • Tempat tanggal lahir
  • Jurusan
  • Fakultas
  • Alamat
  • Nama orang tua
  • Pekerjaan orang tua

Contoh Surat Keterangan Aktif Kuliah


Kegunaan dari Surat Keterangan Aktif Kuliah

Surat keterangan ini biasanya berfungsi sebagai pengantar untuk melakukan kegiatan atau urusan tertentu. Kehadirannya penting sebagai pernyataan sah menegaskan seseorang sebagai mahasiswa aktif di Universitas. Berikut beberapa kegunaan dari surat keterangan ini :

1. Untuk Mengurus Beasiswa

Setiap kampus tentunya selalu menawarkan program beasiswa. Ini menjadi salah satu hal paling umum ada pada sebuah Universitas. Untuk mengajukan sebuah beasiswa, biasanya mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat dan salah satunya adalah surat keterangan aktif.

Sekarang terdapat cukup banyak jenis beasiswa yang ada di kampus. Program ini memang sangat menarik untuk mahasiswa bisa untuk mengeringkan biaya kuliah atau mendapatkan ilmu tambahan. Tentunya mengurus surat keterangan aktif jadi langkah awal untuk mendapatkannya.

Kegunaan dari Surat Keterangan Aktif Kuliah Untuk Beasiswa


2. Untuk Pengajuan Cuti

Cuti merupakan kondisi dimana mahasiswa tidak mengikuti perkuliahan untuk sementara waktu. Biasanya pengajuan cuti kuliah terjadi akibat beberapa faktor, ada mahasiswa yang harus menuntaskan pekerjaannya dan tidak bisa menundanya.

Maka agar tetap menjadi mahasiswa tentu harus ambil cuti. Untuk melakukan kegiatan ini, seorang mahasiswa harus melampirkan surat keterangan aktif kuliah terlebih dahulu. Hal ini menjadi media penghantar agar Anda bisa mendapatkan cuti kuliah dan tidak mengikuti aktivitas perkulihan semenatara.

Kegunaan dari Surat Keterangan Aktif Kuliah Untuk Pengajuan Cuti


3. Untuk Ikut dalam Program Pertukaran Pelajar

Aktivitas studi banding atau pertukaran pelajar merupakan kegiatan sangat menarik di kampus. Seorang mahasiswa memiliki kesempatan untuk merasakan belajar di tempat lain selama beberapa bulan atau bahkan satu semester tergantung dari penawaran dari Universitas masing masing.

Kegiatan ini tentunya membuat seorang mahasiswa tidak dapat mengikuti kelas di kampus utamanya. Melihat kondisi ini tentu saja mengajukan permohonan dispensasi sangat penting, dan proses pengajuan ini melibatkan surat keterangan aktif kuliah sebagai media pengantarnya.

Surat Keterangan Aktif Kuliah Untuk Program Pertukaran Pelajar


Baca juga : Rekomendasi Style Anak Kuliah untuk Cewek Berhijab

Penggunaan Surat Keterangan Aktif Kuliah untuk Tunjangan PNS

Seorang mahasiswa yang memiliki orang tua dengan pekerjaan sebagai PNS bisa mendapatkan tunjangan anak kuliah. Pemerintah memang memberikan sebuah anggaran dana untuk orang tua yang punya anak sedang berkuliah. Ini jadi program untuk meningkatkan kecerdasan bangsa.

Menuntut ilmu di bangku kuliah memang memerlukan biaya cukup besar. Hal ini bisa lebih tinggi apabila seorang anak tersebut masuk kuliah di kampus yang jauh dari kampungnya. Melihat kondisi seperti ini pemerintah pun mengeluarkan sebuah anggaran khusus untuk orang tua berstatus PNS.

Tunjangan PNS yang memiliki anak sedang berkuliah ini cukup penting. Untuk mengurusnya biasanya aparatur negara harus membuktikan bila Anaknya benar benar sedang kuliah. Hal ini bisa Anda wujudkan dengan memperlihatkan surat keterangan aktif ini dan bisa jadi bukti nyata.

Penggunaan Surat Keterangan Aktif Kuliah untuk Tunjangan PNS


Syarat Penting dalam Mengurus Tunjangan PNS Mahasiswa Aktif

Setelah menyiapkan surat keterangan aktif kuliah untuk mendapatkan tunjangan biaya kuliah dari pemerintah harus memperhatikan beberapa hal lainnya. Mengingat pentingnya dana ini, berikut beberapa syarat penting yang perlu Anda perhatikan saat mengajukannya :

1. Menyiapkan Identitas Mahasiswa

Tugas pertama adalah mempersiapkan semua data yang bersangkutan seperti fotocopy tanda mahasiswa. Setiap pelajar di universitas tentu mendapatkan kartu tanda mahasiswa (KTM). Ini merupakan kartu yang berisikan data singkat dari mahasiswa tersebut.

Siapkan berkas ini lalu kirimkan kepada orang tua Anda yang merupakan seorang PNS. Nantinya orang tua Anda akan menggabungkannya dengan data kartu keluarga sehingga bisa ditemukan data data ini secara tepat dan juga benar. Hal ini sangat penting dalam melakukan sinkronisasi.

2.Menyiapkan Dokumen Pendukung

Berkas selanjutnya yang harus Anda persiapkan selain surat keterangan aktif kuliah adalah beberapa bukti pembayaran perkuliahan. Biasanya ini berupa slip pembayaran SPP atau UKT terakhir seorang pelajar. Umumnya mahasiswa yang aktif harus melakukan pembayaran ini.

Kemudian setelah bukti pembayaran yang berkaitan dengan kampus sudah Anda siapkan, orang tua akan melanjutkannya dengan SK kenaikan pangkat terakhir. Setiap PNS tentu punya surat keputusan ini. Dengan melengkapi semua persyaratan ini tunjangan anak kuliah bisa segara orang tua dapatkan.

Demikian informasi mengenai kegunaan surat keterangan aktif kuliah. Menjadi seorang mahasiswa memang harus lekat dan akrab dengan aktivitas surat menyurat. Mengenal surat keterangan menjadi mahasiswa aktif ini jadi salah satu aspek yang perlu perhatian lebih.

 

Posting Komentar untuk "Mengenal Kegunaan Surat Keterangan Aktif Kuliah dan Contohnya"