Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah Ingin Bekerja

Curriculum vitae merupakan sebuah dokumen yang menggambarkan sebuah daftar riwayat hidup seseorang. CV jadi elemen penting ketika hendak melamar pekerjaan. Mahasiswa yang ingin bekerja tentu harus tahu dahulu contoh cv mahasiswa yang masih kuliah.

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah Ingin Bekerja


Apa yang Harus di Isi pada CV Mahasiswa ?

Biasanya CV merupakan gambaran dari perjalanan seseorang khususnya rekam jejak kerja. Akan tetapi tentunya hal ini tidak ada pada mahasiswa yang memang masih belum berpengalaman. CV mahasiswa untuk mencari kerjanya isinya umumnya cukup sederhana sebagai berikut :


1. Biodata Diri

Elemen pertama yang mahasiswa harus dicantumkan ketika membuat sebuah CV adalah identitas diri. Ini sangat penting untuk memperkenalkan siapa diri Anda. Untuk unsur yang harus ada dalam penulisan identitas diri adalah sebagai berikut :

  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • E-mail
  • Nomor kontak


2. Informasi Tambahan yang Menarik

Informasi tambahan ini umumnya berupa prestasi jika memang Anda seorang mahasiswa dengan tingkat kecerdasan di atas rata rata. Hal ini dapat menarik minat perusahaan untuk memberikan kesempatan magang di perusahaannya.

Apabila Anda tidak memiliki sebuah prestasi bisa menuliskan beberapa kegiatan menarik seperti menghadiri seminar, workshop, atau sebuah pelatihan. Acara atau event seperti ini sangat sering terjadi di kampus, dan tentunya mahasiswa pasti pernah mengikutinya


3. Informasi Pendidikan

Data pendidikan CV untuk mahasiswa biasanya berisikan tentang nilai nilai yang telah terkumpulkan. Bisa Indeks prestasi sepemtara atau IPK. Ini bisa menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk melihat potensi Anda.

Saat menuliskan informasi pendidikan terdapat beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan seperti jangan lupa mencantumkan jurusan dan juga nama kampus. Hal ini penting karena setiap HRD punya pandangannya sendiri mengenai dua elemen ini.


4. Pengalaman Ikut Kegiatan Kampus atau Magang

Untuk mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan biasanya harus mencantumkan informasi mengenai pengalaman entah itu magang atau kegiatan kampus. Beberapa mahasiswa tentu belum punya pengalaman kerja.

Solusinya adalah dengan menggunakan kegiatan kampus. Di dalam universitas ada sebuah organisasi seperti BEM dan lainnya. Pengalaman Anda ketika mengikuti organisasi seperti ini bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima dan menyeleksi secara mendalam.


5. Informasi Tentang Kemampuan yang Dimiliki

Kemampuan atau skill merupakan indikator tertinggi penilaian perusahaan apakah menerima Anda atau tidak. Sebagai seorang mahasiswa menimba ilmu di jurusan tertentu akan menumbuhkan sebuah skill pada bidang tersebut.

Apabila sekiranya Anda sudah menguasai kemampuan tersebut, dapat mencantumkannya pada CV. Hal ini sangat memungkinakan pihak perusahaan melihat potensi pada diri mahasiswa. Ini bisa jadi aset besar bila dapat mengembangkannya pada perusahaan tersebut.


6. Memperhatikan Tata Letak

Dalam membuat sebuah CV mahasiswa terdapat dua tipe yang sering orang gunakan yaitu CV biasa dan kreatif. Perbedaan dari kedua jenis ini terletak di desain layoutnya. Walaupun tidak serumit CV kreatif tipe biasa juga tepat harus Anda perhatikan tata letaknya.

Ketika seorang HRD melihat CV mahasiswa, apabila tata letaknya berantakan tentunya akan menjadikan pihak perusahaan tidak tertarik. Maka dari itu, memperhatikan hal ini sangat penting agar proses perekrutan bisa berjalan dengan lancar.

Tata Letak CV biasa dan kreatif


7. Informasi Hobi dan Minat

Elemen terakhir yang bisa Anda cantumkan agar CV mahasiswa menjadi sempurna adalah hobi dan minat. Unsur ini penting juga untuk pihak perusahan lihat, karena terdapat beberapa pekerjaan yang lahir dari kedua element ini.

Terkadang perusahaan juga sangat memperhatikan work-life balance para karyawannya. Dengan mengetahui berbagai kegiatan dan hobi dari pegawainya di luar kantor dapat mengambil kesimpulan terhadap pola hidup seseorang. Pastikan punya hobi dan minat yang normal normal saja.

Contoh CV Informasi Hobi dan Minat


Berikut Inilah Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah Ingin Bekerja

Mungkin tidak sedikit mahasiswa yang masih bingung dengan pembuatan sebuah CV ini. Peran dari dokumen satu ini memang penting untuk melamar sebuah pekerjaan, jadi tidak boleh sembarangan. Untuk mempermudah Anda berikut adalah contoh cv mahasiswa yang masih kuliah :


1. Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Seperti penjelasan sebelumnya contoh pembuatan CV mahasiswa yang masih aktif berkuliah harus memperhatikan beberapa unsur yang terdiri dari biodata, riwayat pendidikan, kemampuan sampai dengan hobi serta minat.

Buatlah desain standar sebuah CV dengan tidak mengesampingkan beberapa elemen tadi. Untuk CV mahasiswa yang masih kuliah ini gunakan warna lebih netral dan juga desain simpel sehingga terlihat lebih berkelas dan juga mudah HRD cerna.

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah


2. Contoh CV Mahasiswa Magang

Terdapat beberapa mahasiswa yang ingin bekerja secara magang saja di sebuah perusahaan atau tempat kerja yang tidak besar. Untuk membuat CV magang tidak syaratnya masih sama harus selalu mengikut unsur biodata, riwayat pendidikan, dan tentu saja kemampuan dan hobi juga.

Akan tetapi perbedaan dari sisi desain, Anda dapat menggunakan jenis CV kreatif bila hanya ingin magang di sebuah perusahaan tersebut. Sifatnya juga tidak formal, jadi bisa membuat tata letak yang lebih improve dan menarik perusahaan magang.

Contoh CV Mahasiswa Magang


3. Contoh CV Part Time Mahasiswa

Jenis pekerjaan part time malang yang paling menarik banyak mahasiswa. Kemungkinan mahasiswa yang masih aktif menimba ilmu dalam pekerjaan paruh waktu sangat tinggi. Untuk membuat Cvnya tentu syaratnnya juga masih sama memperhatikan unsur penting khususnya biodata.

Sebagai mahasiswa Anda dapat melakukan beberapa perbedaan dari sisi desain sehingga pihak pemberi pekerjaan paruh waktu bisa tertarik kepada CVnya. Intinya buatlah sejelas mungkin sehingga tidak sulit untuk orang membacanya.

Contoh CV Part Time Mahasiswa


Keuntungan Bekerja Ketika Masih Kuliah

Memiliki pengalaman sebelum benar benar masuk ke dunia kerja jadi hal penting khususnya untuk mahasiswa semester akhir. Hal ini hanya bisa Anda lakukan bila melakukan magang di tempat kerja. Berikut beberapa keuntungan bekerja saat masih kuliah :

Keuntungan Bekerja Ketika Masih Kuliah


1. Memperluas Koneksi Relasi

Bekerja ketika Anda masih berkuliah dapat secara efektif memperluas jaringan relasi yang nantinya akan sangat penting saat mencari pekerjaan setelah lulus. Ketika magang mahasiswa akan bertemu dengan berbagai orang berbeda mulai dari rekan kerja atau klien.

Aktivitas seperti ini tentu akan membuat seseorang bisa mendapatkan kenalan lebih banyak. Beberapa kenalanan ini nantinya akan menjadi salah satu koneksi ketika Anda sedang mencari pekerjaan saat selesai menuntaskan pendidikan.


2. Dapat Pengalaman Kerja

Pengalaman memang jadi hal penting dalam hal apapun termasuk bekerja. Aktivitas bekerja dan magang ini akan memberikan Anda pengalaman bekerja dan merasakan bagaimana kerasnya kehidupan dunia kerja.

Tentunya hal ini akan jadi bekal luar biasa ketika benar benar harus menghadapi dunia pekerjaan setelah lulus nanti. Pengalaman yang Anda dapatkan ketika magang atau bekerja pas kuliah akan benar benar bermanfaat di sini.

Demikian informasi mengenai contoh cv mahasiswa yang masih kuliah ingin bekerja. Melamar pekerjaan untuk para pelajar universitas memang jadi bekal luar biasa sebelum memasuki dunia kerja sebenarnya. Akan tetapi dalam melakukan hal ini perlu tahu dulu contoh pembuatan CV yang benar.

Posting Komentar untuk " Inilah Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah Ingin Bekerja"