Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Struktur Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023

Struktur Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023


Pendidik.id - Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah dalam lampiran I sudah dijelaskan secara lengkap mengenai Struktur Kurikulum merdeka yang akan diterapkan pada tahun pelajaran 2022/2023

Struktur kurikulum dalam Pendidikan Anak Usía Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, & Pendidikan Menengah sebagai berikut.A. Struktur Kurikulum pada PAUD

Struktur Kurikulum pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA), terdiri atas:

1. Kegiatan pembelajaran intrakurikuler.

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dibuat agar anak bisa mencapai kemampuan yg tertuang pada pada capaian pembelajaran. Intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler adalah bermain bermakna menjadi perwujudan “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. Kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yg menyenangkan & bermakna bagi anak. Kegiatan perlu didukung oleh penggunaan asal-asal belajar yg konkret & terdapat di lingkungan lebih kurang anak. Sumber belajar yang nir tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi & kitab bacaan anak.

2. Projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan buat memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yg mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD dilakukan pada konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan alokasi saat kegiatan di PAUD.

Alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4 - 6 tahun paling sedikit 900 (sembilan ratus) mnt per minggu. Alokasi waktu di PAUD usia 3 - 4 tahun paling sedikit 360 (tiga ratus enam puluh) mnt per minggu.B. Struktur Kurikulum pada Pendidikan Dasar & Menengah

Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dibagi menjadi 2 (2) kegiatan utama, yaitu:

  • 1. Pembelajaran intrakurikuler;
  • 2. Projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan buat memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yg mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Pemerintah mengatur beban belajar buat setiap muatan atau mata pelajaran pada Jam Pelajaran (JP) per tahun. Satuan pendidikan mengatur alokasi saat setiap minggunya secara fleksibel dalam 1 (satu) tahun ajaran.

Satuan pendidikan menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah wilayah sesuai dengan ciri wilayah. Satuan pendidikan bisa menambahkan muatan tambahan sesuai karakteristik satuan pendidikan secara fleksibel, melalui tiga (tiga) pilihan sebagai berikut:

1) mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain

dua) mengintegrasikan ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila

3) menyebarkan mata pelajaran yg berdiri sendiri.

Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar & pendidikan menengah sebagai berikut:1. Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/MI

Struktur kurikulum Sekolah Dasar/MI dibagi sebagai tiga (tiga) Fase:

  • a. Fase A buat kelas I & kelas II;
  • b. Fase B buat kelas III & kelas IV;
  • c. Fase C untuk kelas V & kelas VI SD/MI bisa mengorganisasikan muatan pembelajaran memakai pendekatan mata pelajaran atau tematik.

Proporsi beban belajar pada SD/MI terbagi menjadi 2 (2), yaitu:

  • a. pembelajaran intrakurikuler; dan
  • b. projek penguatan profil pelajar Pancasila yg dialokasikan sekitar 20% (2 puluh persen) beban belajar per tahun.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun saat  pelaksanaan.  Secara muatan, projek wajib mengacu dalam capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase siswa, & nir wajib dikaitkan dengan capaian pembelajaran dalam mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari seluruh mata pelajaran dan jumlah total ketika pelaksanaan masing-masing projek nir harus sama.

Mata pelajaran Bahasa Inggris adalah mata pelajaran pilihan yg dapat diselenggarakan berdasarkan kesiapan satuan pendidikan. Pemerintah daerah melakukan fasilitasi penyelenggaraan mata pelajaran Bahasa Inggris, contohnya terkait peningkatan kompetensi dan penyediaan pendidik. Satuan pendidikan yang belum siap memberikan mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran pilihan dapat mengintegrasikan muatan Bahasa Inggris ke dalam mata pelajaran lain dan/atau ekstrakurikuler menggunakan melibatkan warga , komite sekolah, relawan mahasiswa, dan/atau bimbingan orang tua.

Muatan pelajaran kepercayaan buat penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sinkron menggunakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai layanan pendidikan agama terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif pada SD/MI menyediakan layanan program kebutuhan khusus sinkron menggunakan kondisi peserta didik.dua. Struktur Kurikulum Sekolah Menengah pertama/MTs

Struktur kurikulum Sekolah Menengah pertama/MTs terdiri atas 1 (satu) fase yaitu Fase D. Fase D yaitu buat kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX. Struktur kurikulum SMP/MTs terbagi sebagai dua (2), yaitu:

a. pembelajaran intrakurikuler; &

b. projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 25% (2 puluh 5 persen) total JP per tahun.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan juga secara ketika pelaksanaan. Secara muatan, projek profil wajib mengacu dalam capaian profil pelajar Pancasila sinkron menggunakan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan menggunakan capaian pembelajaran dalam mata pelajaran. Secara pengelolaan ketika aplikasi, projek bisa dilaksanakan menggunakan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran & jumlah total ketika pelaksanaan masing-masing projek nir harus sama.tiga. Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/MA

Struktur kurikulum Sekolah Menengah Atas terdiri atas dua (2) Fase yaitu:

b. Fase F untuk kelas XI & kelas XII.

Struktur kurikulum buat SMA/MA terbagi menjadi 2 (2), yaitu:

a. pembelajaran intrakurikuler; &

b. projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan lebih kurang 30% (3 puluh persen) total JP per tahun.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan juga secara saat pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu dalam capaian profil pelajar Pancasila sinkron menggunakan fase siswa, dan nir harus dikaitkan menggunakan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek berdasarkan semua mata pelajaran & jumlah total saat aplikasi masing-masing projek nir harus sama.4. Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/MAK

Perubahan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/MAK diawali menggunakan penataan ulang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan/MAK. Spektrum Keahlian adalah daftar bidang & acara keahlian Sekolah Menengah Kejuruan yang disusun dari kebutuhan global kerja yg mencakup: global usaha, global industri, badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, instansi pemerintah atau lembaga lainnya serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni & budaya. Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan/MAK adalah acuan penyusunan struktur kurikulum dan pembukaan dan penyelenggaraan bidang dan acara keahlian dalam SMK. Setiap program keahlian terdiri atas minimum 1 (satu) konsentrasi keahlian. Konsentrasi keahlian diselenggarakan pada acara tiga (3) tahun atau acara 4 (empat) tahun diatur lebih lanjut pada keputusan pemimpin unit primer yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.5. Struktur Kurikulum SLB

Struktur kurikulum SLB mengacu pada struktur kurikulum SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang diubahsuaikan untuk peserta didik berkebutuhan spesifik dengan hambatan intelektual. Untuk peserta didik yang nir mengalami hambatan intelektual bisa menggunakan kurikulum pendidikan reguler yang disesuaikan dengan syarat peserta didik. Penyesuaian struktur kurikulum dimaksud dilakukan terhadap keterampilan fungsional & mata pelajaran yg menunjang kebutuhan tersebut.

Download Juga: Kepmendikbudristek No 56 Tahun 2022 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran6. Struktur Kurikulum Kesetaraan (Program Paket A, Program Paket B, & Program Paket C

Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri mata  pelajaran grup generik dan pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila. Kelompok umum memuat mata pelajaran yg disusun mengacu dalam baku nasional pendidikan dan sinkron jenjang pendidikan formal dan merupakan mata pelajaran yg harus diberikan buat seluruh peserta didik.

Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023"